Apa itu pengalaman ?



Hai guys. Pada potingan kali ini saya akan membahas tentang apa itu pengalaman ? Pengalaman itu jika kita sebut dalam bahasa inggris yaitu Experience. Disini saya mau membuat janji dengan anda untuk membaca postingan saya sampai habis ya, dikarenakan akan menjadi kejutan pengetahuan tambahan untuk anda dan bisa anda terapkan pada teman-teman dan orang sekitar anda.

Banyak sekali definisi-definisi tentang pengalaman. Apa itu Pengalaman ? Berikut pengertian definisi yang sudah saya baca pada postingan orang lain. Ada yang mengatakan jika pengalaman itu guru yang berharga. Ada juga yang mengatakan pengalaman itu adalah proses pembelajaran.
Sedangkan menurut wikipedia, pengalaman ialah hasil persentuhan alam dengan panca indra manusia. Berasal dari kata peng-alam-an. Pengalaman yang memungkinkan orang menjadi tahu, dan tahu itulah disebut pengalaman. Dalam KBBI (1993) pengalaman diartikan: yang pernah di alami (dijalanin, dirasai, ditanggung, dan sebagainya). Pengalaman yang di alami bisa berupa pengalaman yang lucu, manis, pahit, bahagia, sedih dan masih banyak lainnya. Yuk langsung kita bahas, apa itu pengalaman ?

Pengalaman yang sudah di sebutkan di atas merupakan bagian dari pemikiran semua manusia dan saya katakan itu semua "BENAR". Ya pastinya, masing-masing manusia memiliki pola pandang berbeda dari sudut yang bebas. Menurut saya , pengalaman itu adalah sebuah daya ingat. Daya ingat merupakan upaya kemampuan seseorang dalam menginggat apa yang hendak dia ingin ingat. Jadi daya ingat itu yang menjadikan orang itu mengetahui tentang rasa, tahu, dan terlintas didalam memori pikirannya. Saya coba berikan contoh gambarannya mengapa saya sebut pengalaman itu terhubung dengan daya ingat ?

Seorang minum jus melon dan rasanya manis karena dia mengalaminya
Seorang berpengalaman mengajar maka mampu menjadi dosen
Seorang pelukis dia tahu cara menggambar karena dia itu belajar melukis dan itu menjadi pengalamannya
Seorang menanggis karena dia mengalami masa lalunya penuh kesedihan
Seorang berpengalamn memperbaiki mobil, karena dia pernah memperbaikinya
Uraian gambar dan contoh di atas menyatakan pengalaman, rasa, tahu, dialami dan sebagainya semuanya itu diingat didalam 1 pikirannya yang disebut " Daya Ingat ". Kita umpamakan jika seseorang amnesia berat ( hilang ingatan ). Dan dia kehilangan hal-hal yang saya uraikan di atas, Apa bisa disebut dia berpengalaman ? Orang yang minum jus melon, dan tiba-tiba dia hilang ingatan. Kemudian di kasih minum jus melon tersebut dan dia lupa jus itu apa. Berarti dia sudah tidak memiliki pengalaman meminum jus melon tersebut. Seorang pengalaman memperbaiki mobil ketika mengalami hilang ingatan dan dia lupa cara memperbaiki mobil. Apa bisa disebut dia memiliki pengalaman memperbaiki mobil ?

Berikut kesimpulan dan pandangan saya tentang pengalaman. Dan jika banyak setuju, silahkan di share ke teman-teman anda agar memiliki paradigma atau pandangan yang sama.

Terima kasih sudah membaca postingan saya.

Komentar